Cara membuat website di wordpress (Mudah dan Cepat)

cara membuat website di wordpress

Membuat website susah gak sih? Nah, di artikel ini kami akan menjelaskan secara lengkap tentang cara membuat website di WordPress.

Udah siap belum belajar cara membuat website di WordPress dengan mudah dan cepat? Yukk simak artikel ini sampai selesai, ya!

Sebelum itu udah tau belum wordpress itu apa?

WordPress: CMS Terbaik untuk Membuat Website

WordPress adalah salah satu platform content management system yang bersifat open-source, artinya semua pengembang bisa memodifikasi platform tersebut. Selain itu, karena sifat open source-nya, WordPress dapat digunakan secara gratis.

WordPress sendiri saat ini terbagi menjadi dua yaitu WordPress.com dan WordPress.org. Walaupun memiliki nama yang sama sebenarnya kedua WordPress ini berbeda loh.

Perbedaan WordPress.com VS WordPress.org

Sebelum lanjut ketahap selanjutnya kita bahas dulu nih perbedaan antara WordPress.com dan WordPress.org. Jika anda menggunakan WordPress.com tidak perlu pusing-pusing mengeluarkan uang untuk hosting dan domain untuk website karena sudah disediakan langsung dari WordPress itu sendiri secara gratis. Namun fasilitas WordPress.com terbatas dalam artian Domain Anda harus kustom dari WordPress, yaitu di belakangnya terdapat wordpress.com.

Sedangkan WordPress.org memberikan keleluasaan dan berbagai fasilitas lain. dari domain bisa menggunakan sesuai yang anda inginkan, bisa menentukan kapasitas penyimpanan sesuai kebutuhan, dapat memasang plugin, AdSense, dan menginstall tema sesuai kebetuhan anda.

Cara Membuat Website di WordPress

Berikut ada langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk membuat website :

  1. Install WordPress
  2. Buka Dashboard WordPress
  3. Pasang Tema Website
  4. Install Plugin
  5. Posting Artikel
  6. Buat Halaman Baru

Yuk simak penjelasan!

Install WordPress

Menginstall WordPress dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik otomatis maupun manual. Berikut adalah cara memasang Install WordPress ala BSS.

  • Login ke akun hosting Anda, lalu klik Hosting di menu utama.
  • Pilih Hosting (klik hosting yang ingin Anda install dengan website WordPress).
  • Install WordPress (pilih Install Website untuk memasang WordPress secara otomatis ke akun hosting Anda).
  • Lalu Klik Install
  • Isi Data
  • Isi formulir untuk Install WordPress:
    • Administrator UsernamePassword, dan Email nantinya diperlukan untuk login WordPress. 
  • Klik Install. WordPress siap untuk digunakan.

Buka Dashboard WordPress

Setelah proses installasi sukses, langkah selanjutnya adalah login ke membuka dashboard WordPress. Cara membuka dashboard WordPress tidak sulit. Anda hanya perlu menambahkan wp-admin di belakang domain Anda. Misalnya, www.cobak.com/wp-admin. Setelah itu, di layar Anda akan muncul seperti ini.

Masukkan username dan password yang sudah Anda buat ketika menginstall WordPress di langkah sebelumnya. Jika login Anda sukses akan muncul dasbor seperti di bawah ini.

cara membuat website di wordpress

Pasang Tema WordPress

Sudah paham tentang bagian-bagian dasbor WordPress. Selanjutnya Anda bisa memasang tema WordPress melalui dasbor tersebut di bagian menu navigasi Appearance.

Anda bisa mencari tema melalui kolom search di menu tersebut atau mengunggah sendiri tema yang Anda unduh dari website lain melalui Upload Theme.

Install Plugin

Setelah memasang tema yang Anda inginkan, Anda juga perlu memasang plugin untuk meningkatkan kinerja WordPress. Plugin yang tersedia di WordPress sangat banyak. Memilah satu per satu plugin mana yang harus Anda install di WordPress akan memakan waktu lama.

Berikut adalah beberapa plugin yang harus di install di wordpress anda :

Google XML Sitemaps

Plugin ini berfungsi untuk membuat sitemap website sehingga mesin pencari bisa lebih mudah melakukan crawl konten-konten di website Anda.

Rank Math SEO

Plugin ini menawarkan fitur dan pilihan yang dapat Anda gunakan untuk melakukan optimasi website WordPress dengan mudah.

Contact Form 7

Contact Form 7 dapat Anda gunakan untuk mengelola lebih dari satu form kontak. Anda dapat melakukan pengaturan tampilan dan menambah fasilitas seperti menambahkan fitur untuk mengirimkan file.

Masih banyak plugin yang harus di Install di wordpress anda untuk meningkatkan performa website.

Cara memasang pluginpun cukup mudah. klik Plugin > Add New. Kemudian ketik nama plugin yang ingin Anda pasang di kolom pencarian. Setelah menemukan plugin yang Anda inginkan, pilih Install lalu Activate. Mudah bukan?

Posting Artikel

Untuk membuat post baru di WordPress, buka Add New di bawah Posts atau pilih New -> Post di toolbar bagian atas.

Di sisi kanan halaman, Anda akan melihat semacam meta box. Tiap box memiliki fungsi khusus.

  • Publish. Di sini Anda dapat mengubah status dan visibilitas post. Buatlah jadwalnya. Dengan mengklik tombol Publish, post Anda dapat dibaca oleh pengunjung. Jika ingin menghapus post, klik tombol Move to Trash.
  • Categories. Pada box ini, Anda dapat menentukan kategori post yang lebih spesifik. Bahkan Anda bisa membuat kategori baru dengan mengklik tombol +Add New Category.
  • Tags. Fitur ini mempermudah Anda untuk menambahkan tag baru dengan cepat.
  • Featured Image. Anda dapat menentukan featured image untuk post di sini. Featured image adalah gambar yang muncul di atas artikel.

Buat Halaman Baru

Untuk membuat halaman baru di wordpress cukup mudah yaitu Di menu navigasi WordPress, klik Pages > Add New.

Cara Optimasi Website di WordPress

Selain mempelajari cara membuat website di WordPress, Anda juga harus tahu cara mengoptimasikanya. Dengan begitu artikel-artikel Anda akan sering berada di posisi teratas hasil pencarian Google, website tidak loading lama, dan memperoleh pengunjung lebih banyak tentunya. yuk simak langkah-langkahnya:

Install Caching

Plugin caching berguna untuk membuat versi statis dari website Anda dan mengirimkannya sehingga website bisa loading lebih cepat.

Optimasi Permalink

Permalink yang disukai oleh Google mengandung judul atau keyword. Kemudian, permalink yang lebih pendek akan memberikan performa yang lebih baik lagi. Trus gimana cara mengubah permalink melalui dashboard WordPress. Silakan pilih menu Settings > Permalinks. Kemudian pilih radio button Post name dan klik tombol Save Changes untuk menyimpan perubahan.

Optimasi Gambar

Optimasi gambar juga diperlukan agar website Anda lebih cepat loading. Mengoptimasi gambar akan membantu website Anda untuk loading lebih cepat karena membuat ukuran gambar yang Anda unggah lebih kecil, tapi dengan kualitas yang sama.

Aktifkan CDN

CDN adalah sebuah teknologi terbaru sebagai bentuk mirroring konten situs web.

Lakukan Backup

Melakukan backup secara berkala sudah menjadi kewajiban yang harus dilakukan. Ketika terdapat fungsi yang tidak berjalan atau terkena virus dan dibutuhkan waktu yang lama untuk memperbaikinya, Anda dapat melakukan pemulihan dengan cepat dengan cara me-restore backup yang telah dibuat.

Untuk berjaga-jaga, ada baiknya Anda memasang plugin WordPress untuk melakukan backup secara otomatis. Anda dapat menentukan sendiri jangka waktu backup yang dilakukan secara otomatis, setiap bulan, minggu atau hari.

Beberapa plugin backup WordPress yang kami rekomendasikan diantaranya:

Updraftplus: Plugin ini sangat populer dengan berbagai fitur backup dan restorenya. Selain fiturnya yang lengkap Anda juga dapat memilih file apa saja yang akan terupdate secara berkala.

BackUpWordPress: Selain menawarkan penggunaan backup dan restore yang mudah, plugin ini hanya membutuhkan memori yang kecil sehingga tidak memberatkan server hosting Anda.

Jadi, tak ada lagi alasan untuk tidak membuat website. Jika Anda tidak punya banyak waktu untuk belajar cara membuat website, Anda masih bisa menggunakan jasa pembuatan website super murah di Bima Sakti Sanjaya.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

On Key

Related Posts