Panduan Lengkap Belajar phpMyAdmin Dasar

Panduan lengkap belajar phpmyadmin dasar

Bagi kalian yang terbiasa menggunakan bahasa pemrograman web PHP maupun menggunakan framework turunannya seperti CodeIgniter atau Laravel pasti tidak asing dengan phpmyadmin, phpmyadmin merupakan software yang disertakan oleh php untuk memudahkan user mengelola database mereka saat mengembangkan aplikasi web.

Apa Itu PHPMyAdmin

Secara umum fungsi dari phpmyadmin adalah untuk membuat, mengedit, & menghapus  database, menambahkan tabel dan relasinya tanpa harus menggunakan MYSQL command line untuk menjalankan perintah itu.

Cara menggunakan PHPMyadmin

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi dari phpmyadmin kita akan membahas cara menggunakan phpmyadmin secara garis besar yang terdiri dari, cara membuka phpmyadmin, membuat database baru, menambahkan table, mengexport database, mengimport database, dan menghapus database.

Cara Membuka PHPMyadmin

untuk menggunakan phpmyadmin pertama kita harus memiliki aplikasi XAMPP, jika kalian sudah memiliki aplikasinya jalankan aplikasi tersebut start apache dan mysql.

jika sudah buka browser kalian dan ketik localhost pada url bar kalian dan kalian akan diarahkan ke halaman dasboard XAMPP, kemudian klik phpmyadmin di navbar atas dan kalian sudah berhasil ke halaman phpmyadmin.

Mengelola Databasse di PHPMyadmin

Sekarang kalian sudah ada di halaman phpmyadmin, di bagian sidebar kiri kalian dapat melihat database-database yang kalian miliki.

Jika kalian perhatikan ada icon + disebelah kiri nama database, saat kalian klik icon tersebut kalian akan dijabarkan tabel-tabel yang terdapat di database yang kalian klik.

kemudian kalau kalian klik salah satu tabel tersebut kalian dapat melihat data-data yang terdapat pada tabel tersebut dan bisa melakukan perubahan pada data tersebut dengan klik ubah untuk mengedit data, salin untuk menyalin data dan hapus untuk menghapus data. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jika kalian klik tombol di sebelah data itu hanya berefek pada satu baris data sedangkan untuk mengubah atau menghapus beberapa baris kalian perlu klik checkbox pada data yang ingin kalian ubah dan klik tombol dibawah data.

Selanjutnya kalian bisa klik icon + di sebelah nama tabel, icon tersebut akan menjabarkan 2 pilihan yaitu index untuk menambahkan relasi antar tabel dan kolom untuk menambahkan, mengedit, dan menghapus kolom yang tersedia di tabel tersebut.

Menambahkan Database baru

Lihat kembali sidebar di sebelah kiri, diatas dari information_schema ada +baru klik itu dan kalian bisa menambahkan database baru dengan nama untuk database kalian, untuk tipenya biarkan utf8mb4_general_ci dan klik tombol buat.

setelah membuat database kita wajib menambahkan satu tabel baru dan menentukan jumlah kolom untuk tabel baru itu.

kemudian kalian bisa isi kolom tersebut dengan nama dan jenis yang kalian inginkan, jika membuat id yang menjadi primary key pilih primary pada index dan click checkbox A.I. Jika semua sudah terisi scroll sampai di bagian bawah terdapat tombol simpan.

Jika kalian sudah klik simpan lihat kembali sidebar di bagian kiri, disana sudah terdapat database baru yang kita tambahkan beserta dengan tabelnya.

Mengekspor Database

Untuk melakukan ekspor database di phpmyadmin kalian perlu memilih database yang ingin kalian ekspor klik database itu dan di bagian kanan pilih menu ekspor yang ada dibagian atas, masukan nama sesuai keinginan kalian dan klik ekspor di bagian bawah, browser kalian akan otomatis mendownload file dengan extension .sql

Mengimpor Database di PHPMyadmin

Mengimpor database tidak jauh berbeda dengan melakukan ekspor, kalian perlu memilih database dan klik tombol impor yang berada di sebelah ekspor. Disini kalian memilih file yang sudah kalian ekspor sebelumnya dan scroll kebawah kemudian klik impor. Hal yang perlu diperhatikan saat melakukan impor adalah file sql yang akan diimpor memiliki data maupun tabel yang lebih banyak dari database yang sekarang, contohnya database test saat ini memiliki satu tabel dan tidak ada data dalam tabel kemudian file impornya database test yang memiliki satu tabel dan beberapa data dalam tabel maka setelah di import tabel di database test memiliki beberapa data.

Menghapus Database di PHPMyadmin

Untuk menghapus database di phpmyadmin kalian perlu memilih database yang ingin kalian hapus klik database tersebut dan klik tombol operasi di bagian bawah klik hapus basis data (DROP), kemudian konfirmasi dan database yang ingin kalian hapus akan menghilang dari sidebar di sebelah kiri.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

On Key

Related Posts